Riyadoh Surat Al-Kahfi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang riyadoh surat al-kahfi , mari kita ulas secara ringkas sebuah kisah ashabul kahfi .
Ashabul Kahfi adalah kisah 7 pemuda yang tertidur lelap di dalam gua selama 309 tahun hijriah atau 300 tahun masehi, untuk melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus. Kisah ini bersumber dari Al Qur'an dalam Surah Al Kahfi.
Menurut beberapa sejarahwan Islam, ketujuh pemuda tersebut bernama: Maxalmena, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, Yathbunus dan Thamlika. Serta seekor anjing bernama Kithmir, yang dipercaya sebagai satu-satunya anjing yang masuk Surga. Banyak yang berpendapat sejarah ini terjadi di Suriah, tetapi ada beberapa ahli Al Qur'an dan Injil berpendapat mereka berasal dari Yordania.
Demikian uraian singkat tentang Ashabul Kahfi , Kisahnya di abadikan dalam Alquran hingga menjadi nama sebuat surat dalam kita suci Al-quran. Karena Al-quran itu rahmatan lil alamin , tentu banyak sudut pandang yang berbeda dalam memaknai serta mengambil hikmah dari kisah ini . Kita tak akan membahas perbedaan sudut pandang tersebut . Yang pasti kita akan membahas Kisah Ashabul Kahfi dari sebagian kecil  Ilmu hikmah , yang sudah tentu bahasan ini hanyalah sebutir debu dari hamparan pasir di padang mahsar .

Mari kita mulai dari membuka bukti kebesaran Allah yang susah di terima oleh akal , tapi jika Allah menghendaki maka apapun bisa terjadi , salah satunya adalah Allah menidurkan 7 pemuda dan seekor anjing selama 309 Tahun .  309 Tahun tidaklah waktu sebentar , di jaman sekarang orang berusia 100 tahun saja sudah untung-untungan . dan yang unik lagi adalah adanya seekor anjing yang ikut dalam keajaiban itu .

Jika kita terbiasa dengan Ilmu Hikmah , sedikit banyak tentu kita bertanya , amalan apakah yang di lakukan oleh mereka , hingga Allah berkenan memberikan kebesaranya pada mereka dengan cara menidurkanya selama 309 tahun , dan ada apa di balik menyelamatkanya dengan cara di buat tidur , kok tidak di tolong oleh orang lain . Inilah bukti Allah itu maha kreatif dalam membuat sejarah kehidupan manusia dan maha unik dalam menyelesaikan permasalahan . Maha suci Allah dengan segala firmanya .

Jika kita kupas tentu tak akan habis membuka ilmu hikmah di balik kisah ashabul kahfi . Karena intinya dalam kisah tersebut Allah memperlihatkan , bahwasanya jika Allah berkehendak menyelamatkan manusia dengan cara paling sederhana sekalipun misalnya Allah menidurkan Ashabul Kahfi , maka tidak ada seorangpun yang bisa mencelakakanya .

Dari sinilah , banyak ulama-ulama yang mengamalkan Riyadoh Ashabul Kahfi untuk di beri kesabaran saat kekurangan, di beri keyakinan saat kondisi bahaya dan selalu di beri kesalamatan saat tidak ada bantuan , dan lain sebagainya .Masih banyak lagi hikmah-hikmah dalam surat Al-kahfi , apa yang akan saya sampaikan ini hanyalah sebagian kecil sekali . Ibarat sebutir debu di hamparan pasir di padang Mahsar . Di antaranya adalah sebagai berikut :

RIYADHOH SURAT AL-KAHFI
Riyadhoh surat Al-Kahfi ini saya terjemahkan dari kitab Syamsul Ma'arif Al-Qubro Yang di susun oleh seorang Waliyyulloh Syeikh Ahmad ibni Ali Al-Buuny R.A Juz I Hal 128 - 129 didalam bab " Fi Dzikri Da'wati Suroti Al-Kahfi Asy-Syarifah ", Berkata penyusun kitab ini " Ketahuilah oleh anda semua mudah-mudahan Alloh S.W.T selalu memberikan Taufiqnya kepada saya dan anda sekalian, sesungguhnya apabila anda menginginkan sampai pada Merah Delima ( Yang di maksud bukan Merah Delima Batu permata tapi keadaan anda yang se agung merah delima ), Maka Inilah tata caranya :

1. berkholwatlah anda di suatu tempat yang Sepi jauh dari suara-suara serta amarah Manusia, tempat tersebut haruslah bersih dan suci dari Najis
2. Memakai Pakaian yang serba Putih
3. Mewangikan tempat tersebut dengan wewangian yang ada tidak di tentukan jenisnya baik kemenyan atau Misk
4. Membersihkan perut anda dari makanan yg Haram dan dari makanan yang Subhat
5. Berpuasalah di tempat Kholwat tersebu selama 14 Hari dengan tidak berbuka dan sahur dengan memakan makanan yg bernyawa ( Daging,Ikan ) atau yg di keluarkan dari yg bernyawa ( Susu,Madu,Telor )
6. Memulai anda Berpuasa haruslah Hari Jum'at
7. Membaca surat Al-Kahfi 1x tiap ba'da sholat Fardu dan 7 x Tiap-tiap tengah Malam
8.Setiap Malam Jum'at selagi anda ber riyadhoh di haruskan membaca Sholawat 1000 x, Membaca Surat Al-Kahfi 40 x, Dengan di selingi sholat sunnat 2 rokaat di tiap-tiap membaca surat Al-Kahfi 2 x ( 40 x Surat = 40 Roka'at 20 salam )
9. Setelah selesai membaca surat Al-Kahfi 40 x bacalah Istigfar dan Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir Masing2 100 x

Maka pada Subuh Hari Jum'at terakhir setelah anda sholat Subuh bacalah Tahmid ( Alhamdulillahi Robbil 'alamin ) 100 x lalu Berdo'alah dengan Do'a- do'a yg baik di dalam Al-Qur'an seperti Do'a sapu jagat ROBBANA ATINA FID DUNYA HASANAH dst, kemudian bangunlah anda dari tempat Kholwat anda lalu berjalan lah anda dengan terus menerus Dzikir di dalam hati ALLOH ( Dzikir Khoffy Ismud Dzat ) sampai tiba di pinggiran Kota Atau Kampung ( Tidak boleh memakai kendaraan harus berjalan kaki , Maka anda akan bertemu dengan Khodam Surat Al-Kahfi dalam Wujud seorang pemuda yang tampan dan mengeluarkan bau yang sangat Wangi, Pemuda tsb mengucapkan salam pada anda, Maka balaslah salamnya dan beradablah terhadapnya, kemudian pemuda tsb memberikan kepada anda Sekantung uang Dinar Emas yg berjumlah 1000 Dinar Emas ( 1 Dinar Emas = 1.7 Juta x 1000 = 1,7 m ), dan pemuda tsb memberikan 3 persaratannya kepada anda yaitu
1. Harus selalu berziarah pada hari Jum'at kepada orang yg telah meninggal dunia
2. Tidak boleh melupakan Faqir Miskin dan orang yg membutuhkan anda
3. Tidak boleh berzina
Setelah itu ucapkanlah terimakasih padanya, Maka Khodam tsb akan berkata pada anda " Wahai Hamba Alloh Apabila anda senanntiasa membaca Surat Al-Kahfi ( Dawam/Rutin ) dan anda tidak melanggar 3 sarat yg aku sudah jelaskan, maku aku akan memberikan padamu tiap bulan 1000 dinar emas ", Maka katakanlah padanya ucapan terima kasih Syukrulloh Sa'yaka wa gofaro lana wa laka maka Khodam tsb akanpergi menghilang dan rahasiakanlah kejadian ini pada siapapun.

Riyadhoh ini tidak di kurangi dan di tambah asli dari kitabnya segini tidak ada Do'a, Qosam, atau Azimah ( Do'anya adalah do'a -Do'a yg baik yang ada di dalam Al-Qur'an seperti Robbana Atina dst )

Demikian salah satu kasiat surat alkahfi , masih banyak lagi kasiat-kasiat lainya , misalnya untuk bertapa , kuat dalam uzlah, umur panjang dan lain sebagainya . Semakin cermat kamu mengamati kisah ashabul kahfi maka semakin detail hikmah yang akan di dapat dan keajaiban keajaibanya . Sekian terima kasih .

PERHATIAN : Jangan amalkan Riyadoh ini tanpa di dampingi seorang guru yang ahli . Anggap saja catatan ini hanya untuk menambah wawasan , kalau sekedar penjelasan seperti ini , anda bisa dapat dengan cara membeli buku / kitabnya . Tapi tata cara ritual serta sarana dan prasarana serta persiapan mental dll tentu kita belum tahu betul jika tanpa adanya seorang guru yang ahli dalam bidang ini serta pernah mengamalkanya sendiri .


Advertisement