Ilmu Cara Tawasul Pendek

Tawasul dalam arti bahasa adalah Perantara . Tawasul dalam doa adalah memohon atau berdoa kepada Allah dengan cara menggunakan perantara . Misalnya kita ingin memohon rizqi kepada Allah dengan perantara kirim Al-fatehah kepada Seorang Nabi,Wali atau orang sholeh dan lain sebagainya . Dasar yang di gunakan oleh Ulama adalah :
وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَة
Artinya : Dan carilah jalan yang mendekatkan diri ( Wasilah ) kepada-Nya. (Al-Maidah:35).
Banyak perbedaan pendapat terkait dengan hukum tawasul , kita tidak akan membahas perbedaan pendapat tersebut . Kita langsung saja ke contoh Tawasul , yang akan kita jelaskan di bawah ini .

Dalam ilmu kebatinan, atau ilmu yang berhubungan dengan Ghaib , biasanya kita tak lepas dari Istilah Roh,Jin,Jiwa dan lain sebagainya . Di mana banyak para pengamal ilmu tersebut menyakini bahwa roh,jiwa orang yang baik /istimewa di sisi Allah itu masih hidup dan masih menerima rizqi dari Allah .

Untuk itu para guru ilmu ini rata-rata menyarankan bahkan ada yang mengharuskan , bahwa sebelum mengamalkan ilmu tersebut mereka harus mengirimkan do'a atau alfatehah kepada pendahulu-pendahulu ilmu tersebut . Berikut ini contoh Wasillah yang pendek .

ALFATIHATA BINIYYATI SOLAHIL QULUB WAL QOWALIB WAL HUSUL ‘ALA KULLI MATHOLIB BIJAHI SAYYIDINA MUHAMMADIN WA SAYYIDINA ALI IBINI ABI TOLIB WA KAFATI ALIHIL MATOLIB WA ASHABIHI BI DZAWIL MANAQIB WA BIJAHI KHUSUSON SYEIKHI SAMAHATIL USTADZIL IMAM AL-HABR AL-QUTUB SAYYIDINA WA MAULAN AL-HABIB ABDUL QODIR BIN AHMAD BIL-FAQIH AL-ALAWY WA BIJAHI KHUSUSON SYEIKHI SAMATIL USTADZIL IMAM AL-HAFIDZ AL-MUSNID AD-DUKTUR AL-QUTUB AL-ALLAMAH AL-FAHHAMAH SAYYIDINA WA MAULANA AL-HABIB ABDULLOH IBNI SAMAHATIL USTADZIL IMAM ALHABIB ABDUL QODIR BIN AHMAD BILFAQIH WABIJAHI…………( TITIK TITIK DI ISI SIAPA YANG MENJADI PENYUSUN DO’A TSB CONTOH SYEIKH AL-QUTUB HASAN AS SYADZILI UNTUK HIZIB NASR ) BI ANNALLOHA TA’ALA YU’LI DAROJATIHIM FIL JANNAH WA YANFA’UNA BI ASRORIHIM WA ANWARIHIM WA U’LUMIHIM
WA BI BAROKATIHIM WA BIQUDSIYATIHIM WA IDROKATIHIM FID DINI WAD DUNYA WAL-AKHIROH WAYARZUQUNA MAHABBATAHUM WA YATAWAFFANA A’LA MILLATIHIM WA YAKHSYURUNA FI ZUMROTIHIM SAYU LILAHI LAHUMUL FATIHAH ………………. MEMBACA AL-FATIHAH 1,3,7X
HADIYAH DI ATAS MERUPAKAN TAWASSUL PENDEK BERIKUT DI BAWAH INI PARA PENYUSUN KITAB HIKMAH :
1. SYEIKH AL ARIF BIILAH ABI ABDILLAH SYAMSUDDIN AL-ASFAHANY
2. SYEIKH AS-SOMADANI JALALUDDIN ABDULLOH AL-BUSTOMI
3. SYEIKH AL-IMAM AL-ALLAMAH ABIL ABBAS AL-QUSTOLANI
4. SYEIKH ABI MADYAN SYUAIB BIN HASAN AL-ANSORI AL-ANDALUSI ( IMAMNYA 7 WALI ABDAL DAN SALAH SEORANG DARI WALI AWTAD YANG 4 )
5. SYEIKH AL IMAM AL-QUTUB AL-GHOWST ABI AYUB BIN ABI SA’ID AS SONHAJI AL-ARMUZI
6. SYEIKH AL IMAM SIRRIDDIN AS-SAQTI (SIRRISSAQOTI)
7. SYEIKH MUHAMMAD BIN MUHAMMAD ABU HAMID AL-GHOZALI
8. SYEIKH ABUL ‘ABBAS AHMAD BIN ALI AL-BUUNY
9. SYEIKH AL-QUTUB HASAN AS SYADZILI
10. SYEIKH ABDURROHMAN JALALUDDIN AS-SUYUTI
11. SYEIKH AHMAD AD-DAIROBI
12. SYEIKH AL USTADZ MUHAMMAD HAQQI AN-NAZILI

13. SYEIKH ABU HAYYILAH AL-MARZUQI
14. SYEIKH IBNU HAJI AT-TILMITSANI AL-MAGRIBI
15. SYEIKH MUHYIDDIN IBNU AROBI
Demikian tentang tawasul pendek , kalau anda bisa memahami tentang kalimat di atas , maka bisa di simpulkan . Bahwa inti dari tawasul adalah mengirimkan Alfatehah kepada orang-orang yang berjasa pada diri kita , baik ituseorang tokoh global atau tokoh lokal di sekitar kita , misalnya orang tua kita, guru ngaji kita, yang memberi Ijazah pada kita, serat gurunya guru kita dan lain sebagainya . Catatan ini hanya mempermudah untuk mengenali nama serta tokoh-tokoh yang berpengaruh pada dunia ilmu hikmah , yang tidak menutup kemungkinan atas jasa beliaulah guru ngaji kita mendidik kita .
Advertisement